4 Cara Tepat Untuk Membersihkan Lidah

Dibanding gigi, lidah adalah bagian dalam mulut yang sering diabaikan kebersihan dan kesehatan. Namun, tahukah anda bahwa ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh bahasa kotor?

Dr. Puneet Ahuja, Senior Consultant in Dental Surgery di Sri Balaji Medical Action Institute, India, mengatakan bahwa beberapa infeksi dapat disebabkan oleh kebersihan lidah yang buruk.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara melancarkan haid bagaimana menjaga kesehatan lidah agar terhindar dari serangkaian infeksi yang dapat mengganggu kesehatan.

Sebuah lidah merah muda yang sehat dengan bintik-bintik kecil yang disebut papila juga akan memiliki lapisan putih tipis.

Dr. Puneet Ahuja mengatakan bahwa memiliki lidah merah jambu bukanlah mitos sama sekali, ini adalah fakta yang setiap orang perlu ketahui.

Lidahnya hitam, kuning, putih atau bahkan merah, yang menunjukkan bahwa lidahnya tidak bersih.

Bagaimana cara menjaga kesehatan bahasa?

Mengabaikan perlakuan lidah bisa memiliki efek negatif. Lidah bisa menunjukkan tanda-tanda masalah saat mengalami perubahan warna. Dalam beberapa kasus, bahkan dengan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

Lidah atau rasa sakit yang berubah warna bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kekurangan vitamin, AIDS dan kanker mulut.

Untuk mencegah berbagai penyakit dan infeksi yang mungkin terjadi, kita harus menjaga kesehatan bahasanya dengan cara sebagai berikut:

1. Bersihkan lidah dengan pembersih lidah khusus

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan bahwa permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Akumulasi kuman di lidah bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Bakteri yang terkungkung di dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain dari mulut. Hal ini dapat menyebabkan akumulasi plak yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Pertumbuhan bakteri yang berlebihan bisa mengubah lidah menjadi kuning, putih atau bahkan hitam. Studi di University of Michigan School of Medicine menemukan bahwa sekitar sepertiga spesies bakteri yang ditemukan di lidah manusia tidak ditemukan di permukaan mulut lainnya.

Karena itu, dr. Ahuja mengatakan bahwa cara penting menjaga lidah tetap sehat adalah dengan membersihkannya dengan alat khusus pembersih lidah.

Anda bisa menggunakannya dengan menarik alas ke ujung lidah Anda. Ulangi aktivitas ini dua atau tiga kali selama proses pembersihan lidah.

Marc Lowenberg, dokter gigi kecantikan di New York mengatakan bahwa setidaknya kita harus membersihkan lidah sehari sekali. Gunakan pembersih lidah setelah menyikat gigi, baik di pagi hari atau di malam hari.

Setelah menggunakan pembersih lidah, disarankan menggunakan obat kumur bebas alkohol atau kumur dengan air hangat.

2. Minum banyak air

Konsumsilah 2 liter air per hari agar tubuh tetap terhidrasi. Cara ini juga bisa membantu menjaga lidah tetap pink dan sehat karena air membantu membersihkan bakteri di lidah dan membuatnya tetap lembab.

Mengkonsumsi air secukupnya juga menghindari mulut kekeringan yang berisiko menstimulasi pertumbuhan mikroba pada permukaan lidah.

3. Berkumurlah dengan air garam

Untuk menjaga kesehatan lidah, Anda bisa berkumur dengan air asin. Jadi, isi gelas setengah penuh dengan air hangat dan taruh setengah sendok teh garam di dalamnya. Lalu, gunakan cairan untuk bilas.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam British Dental Journal, pembilasan dengan air garam bermanfaat untuk meningkatkan pH di dalam mulut guna menghambat pertumbuhan bakteri.

4. Jangan memakai perhiasan di lidah

Tindik tubuh membawa risiko infeksi ke tubuh. Namun, menurut Canadian Dental Association, risiko infeksi yang disebabkan oleh perforasi di lidah jauh lebih tinggi.

Ini karena fase dan siklus menstruasi mulut dan lidahnya penuh dengan bakteri. Selain itu, perhiasan logam yang digunakan juga bisa merusak gigi dan gusi. Bahkan prosedur menusuk lidah bisa merusak saraf yang bisa menyebabkan lidah kehilangan kepekaannya.

Mulailah berlatih empat poin di atas agar lidah tetap bersih, sehat dan terawat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Diet Untuk Dapatkan Tubuh Impian Ala Model Perancis

Cara Efektif Atasi Malaria