5 Tips Atasi Sembelit Saat Bulan Puasa

Puasa sebenarnya sesuatu yang sehat untuk tubuh seseorang jika dilakukan dengan benar dan mempertahankan asupan gizi tubuh. Tetapi tidak jarang ketika berpuasa seseorang benar-benar menderita semacam penyakit yang niscaya akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jenis penyakit yang sering dialami saat bulan puasa adalah sembelit. Sembelit itu sendiri sebenarnya bukan penyakit, tetapi cukup mengganggu. Sembelit bisa membuat perut terasa tidak enak dan tidak nyaman merupakan aktivitas yang sangat mengganggu.

Konstipasi atau sulit buang air besar biasanya terjadi karena perubahan pola makan yang terjadi selama bulan puasa. Meski tidak termasuk penyakit, tetapi diperbolehkan melanjutkan dengan risiko sembelit hingga menyebabkan wasir pada kanker usus besar lho.

Untuk mencegah hal ini, kami merangkum 5 tips berikut ini untuk mencegah sembelit selama bulan puasa brilio.net dari resepkoki.id, Senin (21/5).

1. Minum banyak air.

Tampaknya pengetahuan umum bahwa air putih atau mineral sangat penting bagi tubuh manusia. Terutama ketika Anda berpuasa, di mana tubuh tidak makan atau minum makanan selama berjam-jam. Kekurangan mineral dapat menyebabkan konstipasi. Untuk menghindarinya, Anda bisa menerapkan pola minum 242. Dua gelas air selama puasa, empat gelas di malam hari hingga menjelang tidur dan dua gelas saat fajar. Dengan menerapkan pola minum, Anda bisa bebas dari sembelit selama bulan puasa.

2. Kebutuhan serat yang mencukupi.

Selain air, mengonsumsi makanan kaya serat juga sangat penting bagi tubuh selama bulan puasa. Anda bisa mendapatkan serat dari sayuran dan buah-buahan. Jadi jangan malas lagi makan sayuran dan buah-buahan untuk menghindari sembelit.

3. Hindari makan berlebihan.

Kebanyakan orang akan membalas ketika mereka berbuka puasa dengan makan banyak makanan. Atau menambahkan porsi selama makan untuk memiliki persediaan yang cukup untuk berpuasa sepanjang hari. Namun ternyata ini tidak benar. Saat berpuasa, tubuh membutuhkan crystal x asupan makanan yang lebih berkualitas daripada jumlah makanan yang dikonsumsi. Karena itu, mulai sekarang Anda harus lebih memperhatikan nutrisi dan nutrisi yang didapat dari makanan yang dikonsumsi selama bulan puasa sehingga saluran pencernaan Anda akan lebih mudah.

4. Kurangi makanan dan minuman dengan kafein.

Teh dan kopi adalah minuman paling populer. Namun selama bulan puasa ini, Anda harus mengurangi konsumsi kedua jenis minuman tersebut. Karena kafein dalam teh dan kopi dapat memperburuk konstipasi, Anda tahu. Jika Anda masih ingin memakannya, pastikan Anda menyeimbangkannya dengan banyak air bersih.

5. Olahraga teratur.
Selain memperhatikan asupan makanan selama bulan puasa, Anda juga harus menjaga kebugaran fisik dengan olahraga. Latihan tidak hanya tubuh segar yang Anda dapatkan, tetapi juga sistem pencernaan yang lembut. Anda dapat melakukan beberapa latihan ringan, seperti jalan cepat atau bersepeda selama 20-30 menit setiap hari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Diet Untuk Dapatkan Tubuh Impian Ala Model Perancis

4 Cara Tepat Untuk Membersihkan Lidah

Cara Efektif Atasi Malaria